Ciri-Ciri Ikan Asin Layak Konsumsi Atau Tidak

Semua pasti sudah tahu donk ikan asin yang melegenda di tanah air itu, sangat cocok jika ikan asin di cocol dengan sambal kemudian nasinya nasi jagung. Beberapa orang memfavoritkan makanan ikan asin, tak ayal jika banyak warung-warung yang menyediakan menu ikan asin sebagai menu andalannya. Kita harus pandai-pandai memilih ikan asin yang layak konsumsi atau tidak.

Berkonten - Ciri-Ciri Ikan Asin Layak Konsumsi Atau Tidak

Sumber Gambar : anayamsi.blogspot.com

Seperti dilansir exspresiku.blogspot.com, berikut adalah ciri-ciri ikan asin layak konsumsi atau tidak.

1. Warna

Ikan asin berbahaya biasanya berwarna putih, cerah dan cenderung bersih putih. Hal itu dikarenakan banyak konsumen yang menyukainya, karena berkaitan dengan kebersihan dalam pengolahan. Namun hal tersebut salah, karena ikan asin alami, biasanya berwarna agak pucat.

2. Bau

Bau khas ikan asin akan mengundang lalat dan kucing untuk mendekat dan hinggap di ikan asin tersebut. Berbeda dengan ikan asin dengan bahan berbahaya, cenderung tidak dihinggapi lalat, bahkan kucing pun enggan untuk mendekatinya, apalagi mengkonsumsi ikan asin tersebut.

3. Tekstur

Tekstur ikan asin yang aman dikonsumsi biasanya mudah patah, pecah dan rapuh. Berbeda dengan ikan asin yang menggunakan borak atau tawas, cenderung agak alot dan susah untuk patahkan.
Sekian tentang ciri-ciri ikan asin layak konsumsi atau tidak.

Tinggalkan komentar